Manado Gelontor 26 Miliar Untuk Kembangkan Listrik Tenaga Surya

indosuryadaya.com - SULUT - Dinas Tata Kota Manado, Sulawesi Utara anggarkan dana sebesar Rp26 miliar untuk pengembangan listrik tenaga surya di Manado pada akhir 2013. Disampaikan Wakil Wali Kota Manado Harley Mangindaan, dana tersebut akan digunakan untuk membiayai penggunaan listrik tenaga surya pada sekitar 700 titik lampu jalan di seluruh kota.

"Penggunaan tenaga surya diharapkan bisa menjadi jalan keluar bagi masalah pemadaman listrik bergilir yang masih dilakukan oleh PLN dengan alasan keterbatasan daya sekarang," tuturnya.

Harley menyebut, dengan listrik tenaga surya, Dinas Tata Kota sementara baru akan menggunakannya untuk lampu-lampu jalan. Hal itu menyikapi banyaknya keluhan yang disampaikan masyarakat.

“Semoga dengan penggunaan listrik tenaga surya ini, kedepan PT PLN akan punya solusi yang lebih baik untuk menggunakan listrik tenaga surya juga hingga warga Manado mendapatkan penerangan jalan yang layak,” katanya.

Bukan hanya untuk kawasan tertentu saja, lanjutnya, tetapi juga untuk semua pelanggan PLN terutama di rumah-rumah penduduk dan kantor pemerintah yang selama ini selalu mengalami kerugian karena pemadaman listrik bergilir.

Ia menambahkan penggunaan listrik tenaga surya tersebut adalah salah satu upaya pemerintah Manado mendukung gerakan penghematan serta menjaga lingkungan.

Kedepan ia mengatakan pemerintah bersedia membantu PLN untuk mensosialisasikan penggunaan listrik dengan solar cell tersebut sehingga lebih dipahami masyarakat sehingga akan mendapatkan dukungan dari warga masyarakat.
September lalu pemerintah sudah mencanangkan penggunaan listrik tenaga surya pada lampu-lampu jalan yang ada di Manado, yang diharapkan seluruhnya selesai sebelum akhir tahun. (net/beritadaerah)

Joomla templates by Joomlashine