Tergiur Pasar, IKEA Jual Panel Surya di Inggris

indosuryadaya.com - SWEDIA- Raksasa furnitur Swedia, IKEA untuk pertama kalinya menjual panel surya di cabang-cabang mereka di Inggris sebagai bagian dari upaya makin mempopulerkan energi terbarukan.

Cabang pertama yang menjual panel surya adalah IKEA Southampton, dimana secara bertahap akan tersedia di 17 cabang pada bulan-bulan ke depan. Bahkan untuk harga jual di Inggris, IKEA mematok harga fantastis, dimana US$ 10.000 untuk paket panel surya, yang mencakup pemasangan dan layanan purna jual.

Harian Inggris, The Guardian, memberitakan bahwa panel ini dibuat oleh perusahaan Cina, Hanergy Holding Group.

"Kami tahu bahwa konsumen kami (di Inggris) ingin memakai energi yang terbarukan. Kami berharap kerja sama dengan Hanergy bisa membuat panel surya makin populer dan makin terjangkau," kata Joanna Yarrow dari IKEA.

IKEA mengatakan Inggris sengaja dipakai sebagai pasar uji, sebelum dipasarkan ke berbagai negara, karena Inggris memiliki kombinasi ideal antara harga energi dan kebijakan pemerintah untuk mendorong pemanfaatan energi terbarukan. Apalagi, pemerintah Inggris membolehkan para pemilik panel surya menjual kelebihan kebutuhan energi mereka.

Menurut perhitungan IKEA pengeluaran untuk membeli panel surya akan impas dalam tujuh tahun. Pasar panel surya di Inggris relatif lebih kecil dibandingkan beberapa negara Eropa lain, seperti Jerman dan Spanyol, namun pasar energi hijau di Inggris terus tumbuh dari tahun ke tahun. (net/BBCIndo)

Energi Panel Surya di Masa Depan Akan Semakin Bersih

indosuryadaya.com - CHINA- Panel surya masa depan tidak hanya lebih bertenaga namun juga mampu membersihkan dirinya sendiri, meningkatkan efisiensi produksi daya listrik dari sinar matahari.

Kesimpulan ini terungkap dari hasil penelitian Zuobin Wang dari Changchun University of Science and Technology (China), Jin Zhang dari Xi’an Technological University (China) dan tim di Cardiff University (UK). Mereka terlibat dalam proyek EU FP7 LaserNaMi.

Menurut tim peneliti, panel surya yang ada di pasaran saat ini memiliki dua masalah utama. Masalah pertama, panel surya biasanya sangat mengilap sehingga – alih-alih diserap menjadi energi – banyak cahaya matahari yang dipantulkan kembali ke angkasa. Masalah kedua, panel surya mudah sekali kotor oleh debu dan sampah yang dibawa angin, hujan atau binatang.

Penelitian yang telah diterbitkan dalam International Journal of Nanomanufacturing ini berhasil menciptakan pola berskala nano yang mampu meningkatkan efisiensi penyerapan energi – karena panel surya tidak lagi memantulkan sinar – serta mampu membersihkan dirinya sendiri dan tidak lengket.

Pola ini menurut tim sangat kecil – lebih kecil dari panjang gelombang cahaya – sehingga sinar tidak lagi dipantulkan namun tertangkap, diserap dan diubah menjadi energi oleh panel surya. Pola ini juga bersifat seperti daun talas yang anti-air sehingga partikel dan air tidak terperangkap dalam panel. Saat hujan turun, air akan mengalir secara efisien sehingga panel surya kembali bersih seperti semula.

Pola ini nantinya akan dicetak di atas sel-sel surya menciptakan panel surya baru yang lebih bersih dan efisien dalam menyerap cahaya. (net/hijaukucom)

Page 4 of 7

Joomla templates by Joomlashine