Tekan Cost Listrik, Kenya Bangun 9 PLTS

Dari PLTA, Masinga, pemerintah Kenya mendapatkan sebagian besar listriknya, tetapi ada harapan PLTS akan memberikan kontribusi lebih.

Indosuryadaya.com – Kenya – Pemerintah Kenya telah mengidentifikasi sembilan lokasi untuk membangun pembangkit listrik tenaga surya yang bisa memberikan lebih dari setengah listrik negara pada tahun 2016.

Pembangunan pembangkit listrik tenaga surya seharga 1,2 milyar USD ini akan dimulai tahun 2014 ini dan tahap desain awal hampir selesai . Kemitraan antara pemerintah dan perusahaan swasta akan melihat negara memberikan kontribusi sekitar 50 % dari biaya.

Cliff Owiti , administrator senior Kenya Renewable Energy Association Kenya mengatakan.  Langkah tersebut akan melindungi lingkungan dan menurunkan biaya listrik. " Kami berharap bahwa ketika seluruh proyek selesai pada tahun 2016, lebih dari 50 % dari produksi energi Kenya akan terdiri dari solar . Sudah kita saksikan investasi surya di Kenya seperti sebuah pabrik yang dibuka di sini pada tahun 2011 yang memproduksi panel energi surya. "

Dia mengatakan bahwa lebih dari 500 juta USD sudah diinvestasikan dalam proyek-proyek surya di Kenya. " Biaya yang terkait dengan hidro listrik yang sangat tinggi , mengingat mereka dipengaruhi oleh tingkat air rendah di bendungan pasokan utama. Dengan investasi yang tinggi di matahari, kita akan menyaksikan hampir tidak ada pemadaman dan biaya listrik akan mengurangi karena listrik akan di supply tinggi."

Germano Mwabu , seorang profesor ekonomi di Universitas Nairobi Kenya, mengatakan rencana pembangunan pembangkit tenaga surya bisa memiliki dampak yang dramatis pada harga energi. " Ketika proyek selesai dan solar sedang digunakan baik, biaya listrik bisa turun sebanyak 80 %."

Negara ini juga merencanakan pembangunan apa yang akan menjadi windfarm terbesar sub - Sahara Afrika, dekat Danau Turkana, yang diatur akan beroperasi pada tahun 2015.

Sekedar diketahui, saat ini Kenya menduduki peringkat ke-22 dari Negara-negara Afrika untuk jumlah listrik yang dihasilkannya, dan 46 di dunia dalam pembangkitan energi surya. Tapi dengan rencana pembangunan tersebut diatas, Kenya bisa menduduki peringkat ketiga untuk solar dalam empat tahun ke depan, menurut angka dari Peraturan Komisi Energi , sebuah badan pemerintah . (Net/ theguardian)

Joomla templates by Joomlashine